Home » » Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Besaran Pokok dan Besaran Turunan


P
engukuran merupakan  bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Pengukuran diartikan sebagai kegiatan membandingkan suatu benda dengan benda lain. Misalnya ketika kita  mengukur panjang meja  menggunakan mistar, berarti kita membandingkan panjang meja dengan panjang mistar.  Ketika  kita mengukur massa benda dengan anak timbangan berarti kita membandingkan massa benda dengan massa anak timbangan.

Hasil pengukuran kemudian dinyatakan dengan angka dan sesuatu yang menyertainya. Apakah arti angka dan sesuatu yang menyertainya tersebut? Angka dan sesuatu yang menyertainya disebut satuan. Sedangkan sesuatu yang diukur disebut besaran. Untuk lebih mengenal  pengertian besaran dan satuan kerjakan  Eureka berikut:
EUREKA
Perhatikanlah pernyataan- pernyataan dibawah ini.:
  1. jumlah siswa dikelas kalian adalah 40 orang
  2. Panjang meja belajar Andi adalah 1 meter
  3. Seorang pembalap mengendarai sepeda motor dengan kelajuan 110 km/jam
  4. Suhu badan Aminaah adalah 36 o C
  5. Perjalanan dari Jogja ke Solo dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam
  6. Andi mendorong mobil yang mogok dengan gaya 200 N
  7. Suatu kolam renangmempunyai volume  400 m3
  8. Ayah sedang  memasang lampu neon 40 Watt
  9. Paman kemarin membeli aki yang dapat menghasilkan kuat arus 20 Ampere
  10. Dari penelitian para ahli fisika intensitas cahaya suatu benda hitam 1 m3 adalah 1,6 x  105 kandela.
Dari setiap pernyataan diatas manakah yang termasuk besaran dan satuan? Setelah mengetahuinya cobalah mendefenisikan pengertian  besaraan dan satuan. Berdiskusilah dengan teman sebangku kalian
Di SMP/MTs kelas VII, kalian telah mempelajari materi besaran dan satuan termasuk pembagian satuan ke dalam besaran npokok dan besaran turunan. Dengan melakukaan diskusi pada eureka tersebut kalian telah mampu mendefenisikan pengertian besaran dan satuan. Pernyataan-pernyataan yang terdapat pada eureka tersebut terdapat besaran dan satuan yang berbeda –beda.
Besaran yang kalian temukan di depan dikelompokkan menjadi besaran pokok dan besaran turunan. Apakah perbedaan besaran pokok dan besaran turunan? Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan berikut:

1. Besaran Pokok

Coba Perhatikan kembali beberapa pernyataan pada Eureka di depan. Pada Eureka tersebut terdapat besaran panjang, suhu, waktu dan kuat arus. Besaran tersebut adalah contoh beberapa besaran pokok.

Besaran pokok adalah besaran yang berdiri sendiri dan satuannya tidak tergantung pada besaran yang lain.

Besaran pokok adalah yang dijadikan dasar bagi besaran yang lain dan dapat diukur secara langsung. Dalam fisika dikenal 7 besaran pokok yaitu panjang massa waktu, suhu kuat arus listrik, jumlah zat dan intensitas cahaya.
Besaran-besaran pokok tersebut tersebut lambang yang berbeda-beda dan satuan yang berbeda-beda pula. Besaran –besaran pokok tersebut dapat dinyatakan dengan satuan pokok atau satuan dasar. Coba kalian perhatikan Tabel berikut:



Tabel 1.1 Besaran Pokok dan Satuannya

No

Besaran Pokok

Lambang

Satuan

Singkatan

1

Panjang

l

meter

m

2

Massa

m

kilogram

kg

3

Waktu

t

sekon

s

4

Suhu

T

Kelvin

K

5

Kuat arus listrik

I

Ampere

A

6

Jumlah zat

N

mol

mol

7

Intensitas Cahaya

J

Kandela

cd

Tabel 1.1 menunjukkan 7 besaran pokok yang mempunyai lambang dan satuan yang berbeda-beda. Lambang dan satuan yang dimiliki besaran di atas merupakan ciri khas daru besaran pokok tersebut. Bagaimana dengan lambang dan satuaan besaran turunan?

2. Besaran turunan

Pada Eureka di depan, kalian menemukan besaran kelajuan, volume, gaya dan luas. Besaran-besaran ini merupakan contoh dari besaran turunan. Kita ambil contoh besaran kelajuan. Dari pernyataan tersebut, besaran kelajuan mempunyai satuan km/jam. Berdasarkan Tabel 1.1 bahwa km atau meter adalah satuan besaran panjang dan jam adalah satuan besaran waktu. Dari kenyataan ini kita dapat menyimpulkan bahwakelajuan benda tergantung dari besaran panjang dan besaran waktu. Dengan demikian kita dapat mengambil kesimpulan bahwa besaran turunan adalah besaran yang tersusun dari beberapa besaran pokok.
Perhatikan beberapa besaran turunan berikut:
Kelajuan merupakan besaran turunan besaran kelajuan (v) diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu, yaitu jarak (s) dan waktu (t) yang diumuskan:
  1. Kelajuan
  2. Kelajuan merupakan besaran turunan besaran kelajuan (v) diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu, yaitu jarak (s) dan waktu (t) yang diumuskan:
    Photobucket
  3. Massa Jenis Massa
  4. Jenis ( ) diturunkan dari besaran massa (m) dibagi volume (m). Volume sendiri diturunkan dari besaran panjang. Dengan demikian massa jenis ( ) dirumuskan:
    Photobucket
  5. Gaya
  6. Gaya (F) diturunkan dari besaran massa (m) dikalikan percepatan (a). Percepatan diturunkan dari besaran kecepatan (v) dan waktu (t). Sedangkaan kecepataan diturunkan dari besaran panjang (m) dan waktu (t) untuk mencari gaya kita dapat menggunakan persamaan:
    Photobucket
  7. Muatan Listrik
  8. Muatan listrik (Q) diturunkan dari besaran kuat arus (I) dikalikan waktu (t)
    Photobucket
  9. Molaritas Zat
  10. Molaritas Zat (M) diturunkan dari besaran banyaknya jumlah zat(N) dibagi volume (V), besaran volume diturunkan dari besaran panjang:
    Photobucket

UJI KOMPETENSI

  1. Dari setiap pernyataan berikut, manakah yang disebut besaran dan manakah yang disebut satuan?
    1. Arman membeli aki yang dapat menghasilkan arus 25 ampere
    2. Hasil pemeriksaan oleh dokter menunjukkan suhu badan Ani  mencapai 39oC
    3. Arman akan membuat meja belajar sendiri. Ia membutuhkan kayu dengan panjang 12 meter
    4. Dita membeli kalung emas 5 gram di toko Cahaya Mas
  2. Lengkapilah tabel berikut dengan mencarinya dari pelbagi buku fisika

No

Besaran Turunan

Rumus

Satuan

Singkatan

1

Percepatan

Photobucket

.......

m/s2

2

....

Photobucket

pascal atau
newton/meter2

.....

3

Energi

....

...

kgm2/s2

4

Muatan Listrik

....

....

C

5

....

...

watt

W
Terimakasih telah membca artikel berjudul Besaran Pokok dan Besaran Turunan

0 komentar Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Recent Posts